oleh

Pada 16 Agustus 2019, Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru Republik Indonesia

Satukliknews.com – Presiden Joko Widodo diberitakan akan mengumumkan kota yang akan ditunjuk sebagai Ibu Kota baru Indonedia pada 16 Agustus 2019. Jokowi akan mengumumkan pada saat pidato kenegaraan atau sebelum pembacaan nota keuangan.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membenarkan akan adanya pengumuman tersebut, dan sejauh ini wilayah kalimantan adalah yang paling sering disebut akan menjadi Ibu Kota baru Indonesia pengganti DKI Jakarta.

“Mudah-mudahan (diumumkan pada 16 Agustus),” kata Moeldoko saat ditemui disela acara diskusi di kantor Bappenas, Jakarta, Rabu 14 Agustus 2019.

Namun, Moeldoko mengaku belum tahu pasti soal waktu pengumuman apakah akan dimasukkan dalam pidato kenegaraan atau tidak. Tapi yang jelas, kata dia, Presiden Jokowi selama ini sudah menginstruksikan para menteri untuk menganalisisnya lebih dalam lagi.

“Kemarin perintahnya kepada para menteri untuk dilakukan analisa yang lebih dalam lagi, namun belum tahu pasti (diumumkan sebelum pembacaan nota keuangan),” ucapnya.

Saat ditemui secara terpisah, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro masih belum bisa memberikan keterangan yang detail soal calon Ibu Kota baru RI yang akan diumumkan.

Usai diskusi tersebut, ia bergegas meninggalkan kantornya untuk menuju Istana Negara. “Nanti Presiden yang umumkan,” kata Bambang.

Kalimantan sudah dipastikan akan menjadi lokasi baru Ibu Kota Negara RI pengganti DKI Jakarta. Terdapat tiga provinsi yang menjadi calon, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Jokowi sudah meninjau langsung beberapa lokasi yang disiapkan. Seperti Bukit Soeharto di Kaltim, juga di segitiga emas yang disiapkan provinsi Kalteng. Yakni yang berada di antara Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed