oleh

Kunjungi Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Fadli Zon Ditolak Masuk

-News-1.237 views

Satukliknews.com – Wakil ketua DPR, Fadli Zon, dan empat anggota DPR dari Papua dan Papua Barat datang ke Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya, Jawa Timur, Rabu 21 Agustus 2019. Lima belas menit berada disana, Fadli dan rombongan hanya berdiri di luar. Sedangkan pagar asrama tertutup.

Mahasiswa dan pemuda Papua menutup pintu asrama untuk orang luar, pagar di tutup dengan poster panjang putih sehingga menghalangi pandangan dari luar. Ini dilakukan sejak mereka dipulangkan dari Markas Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya pada Sabtu malam, 17 Agustus 2019.

Poster putih dengan tulisan ‘SIAPAPUN YANG DATANG KAMI TOLAK’ tergantung di pintu pagar. Pintu pagar tetap tertutup rapat ketika Fadli dan rombongan tiba sekitar pukul 11.00 WIB.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Papua, Piter Frans Rumaseb, melobi tapi tetap tidak ada tanggapan. Tidak ada satu pun penghuni yang keluar untuk sekadar menyapa dari dalam. Hanya suara serupa siulan terdengar saat sesi wawancara.

“Konsen keprihatinan terhadap apa yang terjadi disampaikan pada rapat paripurna kemarin bersama teman-teman anggota DPR dari Dapil Papua dan Papua Barat, salah satunya dimulai dari tempat ini di Surabaya dan Malang,” kata Fadli.

Fadli mengatakan tujuan kedatangannya ke Asrama Mahasiswa Papua di Kalasan adalah untuk mendengarkan langsung dari mahasiswa Papua apa yang sebenarnya terjadi. “”Apalagi di sini ada Pak Jimmy dari Papua Barat, Michael dari Papua Barat, dan ada Pak Steven Abraham dari Papua, yang merupakan wakil-wakil rakyat Papua.”

Seperti diketahui, kerusuhan di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat sejak Senin, 19 Agustus 2019, diduga tersulut oleh gesekan massa dengan mahasiswa di Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya pada Jumat-Sabtu, 16-17 Agustus 2019. Ada ucapan menyinggung SARA saat gesekan terjadi. Selain itu, tersebar pula foto hoaks adanya mahasiswa Papua tewas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed