oleh

Tanam Pohon Perdamaian, Mahasiswa Papua dan Elemen Pemuda di Malang Lakukan Gerakan “Indonesia Tersenyum”

-News-999 views

Satukliknews.com – Para pemuda dari berbagai elemen dan mahasiswa Papua di Malang Raya melakukan suatu gerakan yakni gerakan “Indonesia Tersenyum”. Kegiatan ini adalah untuk menjawab kabar hoaks tentang kondisi Kota Malang. Mereka ingin memastikan bahwa Malang Raya aman dan ramah bagi pelajar serta mahasiswa luar daerah.

“Indonesia Tersenyum” digagas oleh berbagai elemen pemuda di Malang Raya, diantaranya Ansor, PMII, HMI, KNPI dan juga perwakilan mahasiswa Papua yang ada di Malang. Selain bersilahturahmi, para pemuda di Malang ini juga melakukan Sumpah Pemuda, makan bersama dan menanam pohon sebagai simbol perdamaian.

David Cristian, salah satu perwakilan mahasiswa dari Timika, Papua, berharap kejadian bentrokan antara warga dan mahasiswa Papua pada kamis, 15 Agustus 2019 tak terulang kembali. Menurut dia, kekerasan yang dilakukan oleh segelintir warga ke mahasiswa Papua yang melakukan aksi pada waktu itu tidak semua masyarakat Malang menyepakatinya.

“Saya harap kejadian itu tidak terulang kembali, dan dalam kegiatan ini membuktikan bahwa orang Malang itu terbuka dengan kita semua,” kata David, Jumat, 23 Agustus 2019.

David adalah mahasiswa Fakultas Informatika di Institut Teknologi Nasional Malang, dia pun menyampaikan kabar untuk keluarga di Timika Papua bahwa keberadaannya di Malang sedang baik-baik saja.

“Saya memberi tahu orang tua saya bahwa kami baik-baik saja disini, aman dan tidak kekurangan apapun,” kata David.

David meminta kepada rekan-rekannya dari Papua agar fokus pada tujuan saat merantau di Pulau Jawa. Menurutnya, jika saudara-saudara dari Papua tujuannya untuk belajar, mereka harus tekun sampai lulus sebagai seorang sarjana.

“Pesan saya kepada saudara di Papua, jika kita berada di tanah rantau bertujuan untuk kuliah ya ditekuni kuliahnya. Jangan melakukan kegiatan apapun yang merugikan dan mengganggu keresehan masyarakat. Munculnya diskriminasi atau segala macam itu kan berawal dari itu,” tutur David.

Sementara itu, Walikota Malang Sutiaji dan semua kapolres di wilayah Malang Raya bersama dengan mahasiswa Papua mengadakan acara simbolis dengan menanam pohon di dekat monumen pahlawan nasional Hamid Rusdi, di Jalan Simpang Balapan, Kota Malang. Pohon ini dikatakan sebagai simbol perdamaian di bumi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pohon Perdamaian, ini adalah sebagai pesan moral bahwa salah satu jiwa kita untuk Indonesia, kita harus menjunjung tinggi merah putih, ini insya Allah menjadi kekuatan nasional. Pohon itu akan terus tumbuh sehingga nilai-nilai perjuangan ini harus dijaga bersama, “kata Sutiaji.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed