oleh

Jokowi Resmi Tetapkan Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur

Satukliknews.com – Sebagian wilayah Kabupaten Penajam Pasier Utara dan Kabupaten Kutai di Kalimantan Timur akhirnya ditetapkan menjadi Ibu Kota Negara baru Republik Indonesia oleh Presiden Joko Widodo. Langkah itu diambil Presiden untuk mengurangi kesenjangan antar daerah di Indonesia.

Menurut Jokowi, penunjukan Kalimantan Timur karena wilayah ini memiliki risiko bencana yang minimal, baik itu banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan dan tanah longsor.

Selain itu, penunjukan Kalimantan Timur adalah karena lokasinya yang strategis di tengah-tengah Indonesia dan di tengah-tengah daerah perkotaan yang telah berkembang, yaitu Samarinda dan Balikpapan.

“Di wilayah itu, ada juga infrastruktur yang relatif lengkap dan tersedia lahan 180.000 hektar tanah milik pemerintah,” kata Jokowi di Istana Negara, Senin 26 Agustus 2019.

Jokowi mengatakan, langkah memindahkan ibukota bukan satu-satunya upaya pemerintah untuk mengurangi ketimpangan. Sebab, pemerintah juga akan terus menciptakan kawasan industrialisasi baru di sejumlah daerah.

Sementara itu, untuk Jakarta, Jokowi memastikan bahwa itu akan tetap menjadi prioritas pembangunan pemerintah untuk menjadi kota bisnis, keuangan dan perdagangan nasional.

Adapun persyaratan anggaran untuk merelokasi Ibu Kota baru, Jokowi mengungkapkan bahwa ia membutuhkan anggaran sebesar Rp466 triliun. Di mana 19 persen akan dianggarkan dari anggaran negara dan sisanya adalah swasta dan kerja sama KPBU.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed