oleh

Sudah Stabil, Akses Internet di Papua Dibuka Kembali

Satukliknews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mengatakan kondisi keamanan di Papua dan Papua Barat saat ini sudah stabil. Sejumlah kebijakan seperti pemblokiran internet akan dievaluasi.

Wiranto mengatakan akses internet di Papua akan segera dibuka.

“(Blokir internet) dibuka, pasti dibuka. Saya katakan bahwa kalau sudah damai untuk apa diblok medsos. Kalau sudah damai untuk apa aparat keamanan ribut-ribut ramai di sana,” kata Wiranto di arena Car Fee Day (CFD) bersama masyarakat Papua di Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 31 Agustus 2019

Namun, terkait penarikan pasukan keamanan, Wiranto belum mampu menjawab secara tegas. Sebab, saat ini aparat keamanan masih melihat perkembangan suasana di Papua dan Papua Barat.

Kata dia, jika memang terus membaik, maka kemungkinan aparat akan mulai ditarik. Wiranto menekankan kondisi ini melihat kondisi keamanan di Papua dan Papua Barat lebih lanjut.

“Kamu selalu begitu, mendahului sesuatu. Kita tunggu dulu, ini kan baru mulai damai, mulai aman, nanti kita tunggu. Sabar, tenang. Kan begitu,” ujarnya Wiranto saat berbincang dengan wartawan.

Sebelumnya, akibat kerusuhan yang terjadi di beberapa daerah di Papua dan Papua Barat, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memutuskan untuk memblokir internet. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran informasi hoaks dan provokatif yang membuat kerusuhan semakin memanas.

Kerusuhan di Bumi Cendrawasih itu sendiri dipicu insiden gesekan massa dengan mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Ada lontaran bernada rasis dan persekusi terhadap mahasiswa Papua yang memicu kemarahan masyarakat Papua dan Papua Barat.

Wiranto menekankan acara CFD kali ini merupakan perhelatan budaya untuk masyarakat Papua. Saat ini, kondisi masyarakat Papua yang tengah tersulut konflik diharapkan segera tercipta perdamaian dan persaudaraan.

“Hari ini kita sangat bersyukur bahwa mendengar saudara kita di Papua dan Papua Barat sudah damai, sudah tenang. Kehidupan mulai berjalan lagi, toko-toko sudah mulai buka,” kata Wiranto.

Dia bilang, Presiden Jokowi sudah berulangkali menyampaikan, dalam menghadapi masalah harus sabar, tenang, dan damai. Bukan dengan demo turun ke jalan tapi dialog dengan hati.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed