oleh

Hutan Lindung di Jambi Terbakar, Meluas Hingga ke Lahan Warga

Satukliknews.com – Hutan lindung di Desa Sinar Wajo dan Sungai Beras Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, terbakar Selasa malam, 17 September 2019.

Informasi yang dihimpun, kebakaran hutan dan lahan tersebut sudah mencapai lebih dari 50 hektare dan petugas karhutla masih terus berjibaku memadamkan api agar tidak meluas.

Kasi Trantip Kecamatan Mendahara Ulu, Jambi, Muslimin membenarkan ada kebakaran hutan dan lahan yang sudah meluas ke lahan masyarakat. Api semakin membesar sejak pukul 22.00 Wib malam tadi.

“Kalau kebakarannya sebenarnya seminggu, terbakar mulai dari tanggal 10 September 2019 sampai malam ini. Api membesar karena meluas ke lahan masyarakat,” kata Muslimin saat dikonfirmasi.

Kebakaran berawal dari terbakarnya hutan lindung, karena faktor air yang kurang memadai sehingga api semakin membesar dan kebakaran meluas. Namun demikian, petugas di lapangan masih berupaya memadamkan api.

Menurut Muslimin, kebakaran hutan semakin meluas ke lahan masyarakat sudah melebihi 50 hektare. Diduga, peristiwa ini terjadi karena ulah masyarakat yang sengaja membakar untuk membuka perkebunan.

“Yang terbakar sudah melebihi 50 hektare dan para pembakar sedang diselidiki pihak berwajib dan kita harapkan kepada masyarakat agar jangan membakar hutan,” katanya

Kebakaran hutan ini juga berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar, khususnya yang tinggal di wilayah Kecamatan Mendahara Ulu. Menurut laporan, sudah banyak yang terserang ISPA namun Ia belum bisa memberikan data rinci jumlah penderita ISPA.

“Informasi dari Puskesmas sudah banyak kena ISPA, namun belum tahu jumlahnya dan Rabu pagi baru dihitung jumlahnya khusus Mendahara Ulu dan begitu juga anak sekolah juga diliburkan,” ungkapnya.

Sumber : vivanews.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed