oleh

Ini 5 Korporasi Tersangka Kasus Kebakaran Hutan

Satukliknews.com – Sebanyak lima korporasi sudah ditetapkan tersangka terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Kelima korporasi tersebut ditetapkan tersangka atas dugaan kelalaian dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Jadi terkait masalah korporasi dia (perusahaan) izinnya diberikan penguasaan lahan. Nah lahan itu ada upaya mitigasi sebelum kebakaran. Kelalaian itu rata-rata yang dilakukan korporasi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 19 September 2019.

Kelima korporasi yang sudah ditetapkan tersangka yakni PT Sumber Sawit Sejahtera dari Riau, PT Bumi Hijau Lestari dari Sumsel, PT Palmindo Gemilang Kencana dari Kalteng dan PT Surya Argo Palma dan PT Sepanjang Inti Surya Usaha dari Kalbar.

Selain faktor kelalaian, Dedi menuturkan pihaknya akan mendalami apakah ada faktor kesengajaan dari pihak korporasi sehingga di areanya terjadi kebakaran.

Lebih lanjut, Dedi menambahkan bahwa sebuah korporasi jika terlibat dalam kasus karhutla tidak hanya dijerat pasal KUHP. Melainkan juga bisa dijerat UU Lingkungan Hidup, Perkebunan dan Kehutanan.

“Pengalaman tahun lalu bukan hanya dijerat pasal pidana, tapi ada pasal administrasi dan bisa dari Kementerian LHK mengajukan gugatan perdata kepada perusahaan tersebut. Sebagai contoh ada perusahaan di Riau digugat perdata dan sudah inkracht,” ujarnya.

 

Sumber : vivanews.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed