oleh

KPU: Pelantikan Jokowi Tak Bisa Maju, Tetap 20 Oktober 2019

Satukliknews.com – Presiden Jokowi disebut mengusulkan jadwal pelantikan dimajukan sehari menjadi 19 Oktober dari yang seharusnya 20 Oktober 2019. Usulan itu diungkapkan Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi.

Merespons isu itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan jadwal pelantikan Jokowi-Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2019-2024 tetap sesuai jadwal yaitu Minggu, 20 Oktober 2019.

“Sudah disampaikan bahwa agenda pelantikan itu tidak bisa maju dan tidak bisa mundur. Sejauh ini persiapan KPU masih sesuai rencana,” kata Komisioner KPU, Pramono Ubaid, Minggu 29 September 2019.

Dia mengingatkan sejak Pilpres 2004, kepemimpinan resmi Presiden dan Wakil Presiden terpilih sejak 20 Oktober. Maka itu, sulit diubah dengan waktu tinggal tiga pekan ini.

“Tetap 20 Oktober, apa pun harinya itu,” jelas Pramono.

Sebelumnya, Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi melempar isu dengan menyebut Jokowi ingin pelantikannya dimajukan sehari menjadi Sabtu, 19 Oktober 2019. Ia menyebut keinginan Jokowi ini saat bertemu dengan barisan relawan pendukungnya di Istana Negara pada Jumat, 27 September 2019.

“Ya pas di Istana, beliau Pak Jokowi menyampaikan demikian, maju sehari. Ini kan perlu ke KPU juga,” tutur Budi.

Namun, terlepas dari kapan pun waktu pelantikan, ia mengklaim jutaan pendukung Jokowi akan siap mengawal pelantikan eks Wali Kota Solo itu untuk periode kedua. Kata dia, relawan siap mendukung program-program pemerintahan Jokowi.

“Kami siap kawal beliau bersama Pak Maruf Amin lanjut di periode kedua,” ujar Budi.

Sumber : vivanews.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed