oleh

Parah, Sidang Hari Kedua Hampir Setengah DPR Baru Bolos

Satukliknews.com – Sidang Paripurna pengesahan fraksi-fraksi MPR hanya dihadiri 376 anggota DPR. Padahal, hari ini baru hari kedua anggota DPR bekerja setelah kemarin dilantik.

Pimpinan sidang, Hillary Lasut mengatakan ada 376 anggota yang hadir. Angka tersebut dianggap telah memenuhi syarat sidang untuk dibuka.

“Sesuai catatan hadir yang disampaikan oleh sekretariat jenderal sampai saat ini telah hadir 376 anggota dari 711 anggota MPR. Dan telah menandatangani daftar hadir dengan demikian, sidang sudah memenuhi syarat untuk dibuka karena kirim telah tercapai,” kata Hillary dalam paripurna di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019.

Mengawali sidang, Pimpinan sidang lainnya Sabam Sirait ternyata tak hadir. Hillary menjelaskan yang bersangkutan tak hadir karena adanya masalah kesehatan.

“Pak Sirait sudah izin karena ada masalah kesehatan. Seharusnya memang dipimpin oleh dari DPD, tapi kerena beliau berhalangan,” kata Hillary.

Anggota MPR Fraksi PAN, Yandri Susanto menilai perlu ada mufakat soal hal ini. Kalau memang harus diganti maka disepakati untuk diganti dalam memimpin.

“Kalau diteruskan, ya kita cari celah hukumnya, Fraksi PAN mengusulkan untuk dilakukan lobi-lobi,” kata Yandri.

Anggota MPR Fraksi PAN, Sarifuding Sudding menyebutkan dalam tata tertib bila pimpinan berhalangan maka diganti pimpinan lainnya.

“Maka, kita harus mengikuti tata tertib yang ada. Maka untuk mendapatkan keabsahan, kami meminta sidang ini diskors,” kata Sudding.

Selanjutnya, Sekjen MPR, Ma’ruf Cahyono menjelaskan jika pimpinan berhalangan hadir maka pimpinan sementara berasal dari anggota MPR yang termuda dan tertua dari fraksi atau kelompok DPD.

“Sidang MPR tadi bahwa pimpinan sementara yang tertua dan termuda yang pada saat sidang paripurna lalu telah ditetapkan urutan tertua kedua adalah bapak Haji Abdul Wahab Dalimonte, 80 tahun, Fraksi Demokrat. Itulah yang akan memimpin sidang pada hari ini,” kata Ma’ruf.

Hillary pun menanyakan persetujuan anggota yang langsung dijawab setuju peserta sidang. Wahab pun memimpin sidang MPR.

Sumber : vivanews.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed