oleh

Puan Jamin Alat Kelengkapan DPR Dibagi Proporsional Tiap Fraksi

Satukliknews.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menjamin seluruh fraksi di parlemen menempatkan anggotanya di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada periode kali ini.

Merujuk Undang-undang (UU) MD3, partai dengan raihan suara terbanyak yang akan mendapatkan porsi lebih besar dan diikuti dengan raihan suara terbesar kedua dan selanjutnya.

“Memang semua itu akan proporsional sesuai dengan perolehan kursi atau suara saat pemilu. Namun saya berharap bahwa semua proses ini tetap saja akan kita lakukan secara musyawarah mufakat,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 7 Oktober 2019.

Puan memastikan, tidak akan ada lagi peristiwa pada awal periode DPR lalu yang mana kelompok oposisi mengusai hampir seluruh alat kelengkapan di Dewan. Tidak hanya itu, periode lalu juga sekejap mengubah UU MD3 dan tidak menempatkan partai pemenang pemilihan legislatif sebagai ketua DPR.

Pada periode ini aturan telah diubah kembali semula, serta mengikuti raihan kursi terbanyak dalam penentuan pimpinan parlemen. “Karena apa pun itu menjadi luka sejarah bahwa proses demokrasi yang sudah kita lakukan melalui proses pemilu kemudian menjadi berantakan. Karena kemudian kita tidak saling menghargai dan menghormati. Karenanya, ke depan ini kita harus saling menghormati dan menghargai,” kata Puan.

Dia menambahkan, “Semuanya tentu saja akan mendapatkan porsinya masing-masing sesuai perolehan suaranya.”

Berdasarkan informasi yang dihimpun, seluruh fraksi di DPR kemungkinan bakal menempatkan anggotanya menjadi pimpinan setara ketua atau wakil ketua. Namun penempatan pimpinan itu berdasarkan raihan kursi.

Puan menyatakan, hari ini pimpinan DPR bertemua perwakilan fraksi untuk selanjutnya dibahas secara detail terkait pembagian komisi-komisi. “Kemudian diteruskan rapat konsultasi dengan para pimpinan fraksi terkait dengan penentuan AKD-AKD,” katanya.

 

Sumber : vivanews.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed