oleh

Prabowo Belum Pakai Mobil Dinas, Anggota Komisi I Teringat Ahmadinejad

Satukliknews.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto belum terlihat menggunakan mobil dinas yang disediakan negara untuk kegiatannya. Sikap Prabowo tersebut pun mendapat pujian dari Anggota Komisi I DPR yang merupakan mitra Kementerian Pertahanan (Kemhan).

“Saya pikir itu bagus perlu diapresiasi. Artinya banyak, negara bisa berhemat. Kita harus melihat nggak mesti orang dimanjakan, memang pejabat negara itu dapat previlege fasilitas-fasilitas, toh Pak Prabowo selama ini fasilitas yang beliau punya lebih dari itu,” kata Anggota Komisi I DPR dari F-NasDem, Willy Aditya, Selasa (29/10/2019) malam.

Dia mengatakan Prabowo mungkin merasa penggunaan dinas bukan hal urgent. Willy pun teringat dengan tokoh-tokoh dunia yang tak menggunakan kendaraan dinas seperti eks Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad yang kerap menggunakan mobil pribadinya Peugeout 504 berwarna putih keluaran tahun 1977 sebelum akhirnya dijual untuk program rumah murah bagi rakyat Iran pada 2011.

“Saya pikir nggak terlalu urgent bagi beliau untuk menggunakan fasilitas negara. Banyak, seperti Ahmadinejad dan beberapa pemimpin yang lain juga sama ya, banyak yang tidak menggunakan fasilitas. Ada beberapa hal yang tetap dipertahankan baik dalam pemahaman, mungkin dari karakter dia, kenyamanan dia. Sejauh tidak melanggar undang-undang itu sah-sah saja,” ujarnya.

Anggota Komisi I DPR dari F-Golkar, Dave Laksono, juga mengapresiasi Prabowo yang menggunakan mobil pribadi. Dia menilai Prabowo juga sudah memperhitungkan aspek keamanan dan kenyamanan sehingga memilih menggunakan mobil pribadi.

“Kalau soal fasilitas mobil, itu kan mobil dinas yang sekarang ini umurnya sudah 10 tahun lebih ya. Itu sejak zaman SBY periode ke dua pengadaannya, kondisi kendaraannya mungkin lebih bagus mobil pribadi dia (Prabowo) malah. Itu menurut saya pribadi. Walau sudah ada pengadaan mobil dinas baru tapi belum dibagikan. Makanya kalau saya jadi Pak Prabowo mungkin lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi saya,” ujar Dave.

Selain itu, Dave menilai Prabowo juga telah memperhitungkan aspek keamanan dan teknologi sehingga dirinya memilih menggunakan kendaraan pribadi usai dilantik sebagai menteri. Meski demikian, dia mengatakan Prabowo bisa saja meminta mobil yang digunakannya nanti untuk diperiksa secara ketat agar aman dan tetap menjaga privasinya.

“Sebagai Mehan juga bisa meminta instansi pemerintah resmi seperti BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) untuk melakukan sweeping di tempat dia berada begitu,” ucapnya.

Anggota Komisi I dari F-Golkar lainnya, Christina Aryani, menilai Prabowo bisa saja memilih menggunakan fasilitas milik pribadi, seperti rumahnya, karena alasan kenyamanan. Menurutnya, banyak juga menteri yang menggunakan fasilitas pribadi.

“Rumah dinas ini fasilitas, banyak juga menteri yang memilih menggunakan rumah dinas untuk acara-acara penerimaan tamu dan lain-lain serta tetap menempati rumah aslinya. Untuk Pak Prabowo saya cukup yakin sanggup mengantisipasi keamanan personalnya,” ucap Christina.

Anggota Komisi I dari Fraksi PKS, Almuzzammil Yusuf menilai Prabowo ingin meringankan anggaran pelayanan pejabat negara. Dia menilai hal itu bisa menjadi contoh bagi pejabat lainnya.

“Pak Prabowo saya kira punya pertimbangan yang matang jika konteksnya keamanan. Mungkin maksud beliau untuk meringankan beban anggaran pelayanan pejabat negara. Kalau ini niatnya patut dicontoh. Apalagi beliau juga memang telah memiliki berbagai fasilitas rumah dan kendaraan yang memadai sebelum jadi menteri,” jelasnya.

Prabowo belum pernah terlihat menggunakan mobil dinasnya sejak dilantik pada Rabu (23/10). Prabowo terlihat tetap menggunakan Alphard putih bernopol B-108-PSD saat hadir dalam rapat kabinet di Istana pada Kamis (24/10). Saat itu, Menko Polhukam Mahfud Md, Mendikbud Nadiem Makarim dan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo juga tampak menggunakan kendaraan pribadinya.

Prabowo kembali terlihat menggunakan Alphard putih untuk hadir ke kantornya pada Selasa (29/10). Kedatangannya tampak dikawal beberapa motor patroli dan pengawalan. Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan dirinya belum mengetahui jelas alasan Prabowo menggunakan mobil Alphard tersebut.

 

Sumber : Detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed