oleh

Detik-detik Petugas Damkar Purwakarta Tangkap 13 Kobra di Rumah Warga

-News-642 views

Satukliknews.com – Sebanyak 13 ekor anak kobra bersarang dalam dus tumpukan pakaian yang tersimpan di dapur salah satu rumah warga, Jalan Lodaya, RT 49 RW 5, Kelurahan Nagri Kidul, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (12/12) sore. Regu Animal Rescue Damkar Purwakarta berhasil menangkap ular berbahaya tersebut.

Kadis Damkar Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono menuturkan pihaknya mendapat laporan dari warga soal temuan ular kobra itu pada pukul 15.30 WIB. Selanjutnya, personel Damkar mengevakuasi belasan kobra memiliki panjang 20-30 sentimeter dan diameter tubuh seukuran jari kelingking orang dewasa.

“Saat tiba di rumah itu, regu Animal Rescue menemukan 13 ekor anak ular kobra yang masih berada di dalam dus pakaian. Untungnya tidak berkeliaran,” kata Wibi, sapaannya, saat dihubungi detikcom, Jumat (13/12/2019).

Sejumlah petugas terlatih yang turun tangan ke lokasi tetap ekstra hati-hati selagi menangkap sekumpulan anak kobra. Berbekal alat penjepit, petugas sukses mengevakuasi satu per satu hewan melata yang memiliki racun mematikan itu.

“Ada bertugas menjepit, ada satu petugas lainnya yang memegang tubuh anak kobra. Semua anak kobra itu berhasil kami evakuasi,” ucap Wibi.

Menurut dia, anak buahnya mempertaruhkan nyawa demi keselamatan jiwa warga dari ancaman ular berbisa. Wajar kalau petugas Damkar bergidik dan dagdigdug saat menghadapi kobra.

Kendati masih anak, Wibi menjelaskan, ular tersebut tergolong agresif. Bahkan, kata dia, kobra sempat melawan dan berontak sewaktu hendak ditangkap.

“Walau kecil sebesar jari kelingking, namanya ular kobra ya tetap melakukan perlawanan. Proses evakuasi berlangsung aman, tidak lebih dari 30 menit,” tutur Wibi.

Semua anak kobra dimasukkan ke dalam botol dan toples plastik. Proses evakuasi sekelompok ular tersebut selesai pada pukul 16.30 WIB.

“Semua anak kobra dibawa ke markas Damkar,” ucap Wibi.

 

Sumber : Detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed