oleh

FOKUS: Takumi Minamino, Pemain Asia Pertama di Liverpool

Satukliknews.com – Takumi Minamino resmi meneken kontrak berdurasi 4,5 tahun dengan Liverpool pada Kamis 19 Desember 2019. Dia diboyong Liverpool dari RB Salzburg dengan klausul rilis sebesar 7,25 juta Euro, atau setara dengan Rp112,8 miliar.

Pemain 24 tahun itu baru akan resmi menjadi pemain Liverpool pada bursa transfer musim dingin dibuka pada 1 Januari 2020 mendatang. Kesempatan terdekat untuknya menjalani debut sebagai pemain The Reds adalah pada 5 Januari 2020. Kebetulan, Liverpool bakal menjalani derby Merseyside kontra Everton pada babak ketiga Piala FA.

Bergabungnya Minamino dengan Liverpool memang telah diprediksi sebelumnya. Jebolan akademi Cerezo ini dalam beberapa waktu terakhir sering dikaitkan dengan Liverpool. Selain itu, manajer Liverpool, Juergen Klopp juga secara terang-terangan menyukainya.

Liverpool menjadi tim klub kedua Minamino di Eropa. Sebelumnya, pemain asal Jepang itu menghabiskan 5,5 tahun bersama Salzburg. Dengan tim berjuluk Die Roten Bullen, Minamino meraih sejumlah kesuksesan.

Dia membawa Salzburg meraih lima gelar juara Austrian Bundesliga secara beruntun, periode 2014/2015 hingga 2018/2019. Empat gelar lain juga disumbang Minamino di ajang Piala Austria. Selama berkiprah di Austria, Minamino sukses membuat 64 gol dan 44 assist dalam 189 penampilan.

Pemain Asia Pertama di Liverpool

Jika Liverpool merupakan klub eropa kedua bagi Minamino, lain halnya bagi Liverpool. Minamino merupakan pemain asal Jepang sekaligus Asia pertama yang pernah dimili Minamino.

Sebelumnya, pemain-pemain dari Negeri Matahari Terbit itu meramaikan persaingan di Premier League bergabung dengan tim yang merupakan rival Liverpool.

Sebut saja mereka, Shinji Kagawa (Manchester United), Shinji Okazaki (Leicester City), Kazuyuki Toda (Tottenham Hotspur). Selain itu juga ada Yoshinori Muto (Newcastle United) dan Maya Yoshida (Southampton)

“Selama ini hanya sebuah mimpi, mimpiku menjadi seorang pemain Liverpool dan bermain di Premier League memang salah satu targetku,” kata Minamino dalam laman resmi Liverpool.

“Kupikir ini adalah liga kelas teratas di dunia, aku pernah memikirkan jika karierku sebagai pesepakbola berjalan mulus, suatu hari nanti aku akan bisa bermain di Premier League,” imbuhnya.

Pernah Bobol Gawang Liverpool

Minamino menjadi incaran Liverpool berkat penampilan gemilangnya bersama Red Bull Salzburg. Ia kerap menyulitkan barisan pertahan The Reds, kala kedua tim bertemu di babak grup Liga Champions musim ini.

Bahkan, Minamino sempat membuat gol indah ke gawang Liverpool pada pertandingan Grup D Liga Champions musim ini, 3 Oktober 2019.

Tendangan keras Minamino usai menerima umpan silang melesat mulus ke dalam gawang. Manajer Liverpool, Juergen Klopp merespons gol tersebut dengan senyum getir.

Sayangnya, Salzburg harus menyerah dengan skor 3-4. Namun, penampilan impresif Minamino tetap membuat penonton terkesan.

Saingan Firmino, Salah, dan Mane

Meski mimpinya sudah terwujud untuk bermain di Premier League dan Liverpool, perjuangan Minamino belum tuntas. Sebab, dia belum mendapatkan jaminan untuk bermain reguler di Liverpool.

Jalannya untuk mendapatkan status pemain inti juga tak mudah. Di lini depan, ia akan bersaing dengan pemain langganan seperti Sadio Mane, Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Minamino memang mengakuinya tidak akan mudah, Tapi, menurutnya semakin tinggi persaingan akan berdampak positif untuk kekuatan Liverpool.

“Tidak hanya mereka, ada banyak pemain kelas dunia di sini dan tentu saja itu bukan tantangan yang mudah. Tidak mudah untuk menyalip pemain-pemain itu untuk mendapatkan posisi utama,” kata Minamino.

“Tapi, memiliki mentalitas yang menantang para pemain itu penting untuk menjaga level tinggi tim. Mentalitas semacam itu penting bagi tim dan saya pasti akan bermain dengan mentalitas itu,” tegasnya.

 

Sumber : vivanews

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed