oleh

Viral Perawat di China Sampai Luka-luka Tangani Virus Corona, Kok Bisa?

Satukliknews.com – Ramai diperbincangkan di media sosial seorang perawat yang menangani pasien virus corona 2019-nCoV, mengalami luka-luka seperti bekas menggunakan masker pada wajah dan kulit tangan yang pecah-pecah. Apa yang menyebabkan wajah dan tangan perawat tersebut mengalami luka-luka?
Dokter spesialis kulit, dari DNI Skin Centre, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, mengatakan faktor pemakaian masker dan juga sarung tangan dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi penyebabnya.

“Virus ini kan belum jelas juga penyebarannya seperti apa? Tentu yang merawatnya pasti akan khawatir sekali, dan penggunaan masker dan sarung tangannya dalam jangka lama, dan kesibukan menghandle banyak pasien jadi gak sempat dilepas atau diganti,” kata dr Darma kepada detikcom, Senin (3/2/2020).

 

Baca Juga : Sudah 475 Pasien Virus Corona Berhasil Sembuh di China

 

Menurutnya terlihat sangat jelas pada bagian wajah, seperti efek dari tekanan penggunaan masker yang terlalu lama. Sebab masker N95 yang umumnya digunakan dalam menangani pasien virus corona, memang sangat terasa kencang ketika digunakan.

“Kan masker yang bagus harus benar-benar ditekan, bukan seperti masker bedah, efeknya salah satunya dan mungkin karena dia khawatir karena penularannya lewat udara jadi harus di ikat kuat sekali, dan itu bila dalam jangka panjang bisa seperti itu,” jelasnya.

Sementara itu, luka-luka di bagian tangan bisa disebabkan oleh penggunaan sarung tangan yang juga terlalu lama. Sebab sarung tangan lateks, yang biasa digunakan oleh para perawat dan juga dokter memiliki pori-pori yang kecil dan kedap udara.

“Tangan kita sendiri kan mengeluarkan keringat dan keringatnya tidak bisa keluar dari sarung tangan, seperti lembab gitu dan kemudian karena sudah saking lamanya itu akan berefek kulitnya jadi kering,” ucap dr Darma.

“Karena terlalu kering, akhirnya pecah-pecah dan jadinya kaya lecet gitu. Jadi memang kalau kering gitu dia harus pakai pelembab gitu sebelumnya biar kulitnya nggak pecah-pecah,” pungkasnya.

 

Sumber : Detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed