oleh

Menilik Cara Jitu Vietnam Bikin Corona Mati Kutu

Satukliknews.com – Hingga kini belum ada obat atau vaksin khusus yang bisa menyembuhkan sakit karena Virus Corona. Banyak negara yang tengah berjuang mengusir virus itu. Ada satu negara yang sudah berhasil: Vietnam.

Vietnam adalah negara yang boleh dibilang berhasil menyembuhkan Corona. Buktinya, kini sudah tak ada lagi virus mematikan tersebut di wilayah Vietnam. Sebelumnya, ada 16 kasus Corona yang dilaporkan terjadi di Corona. Kini semuanya sembuh 100%.

Pasien yang sembuh termasuk pasien yang berusia 73 tahun, yaitu pasien dengan usia tertua. Padahal selama ini lansia dinilai sebagai korban yang paling rentan mengalami kematian akibat Corona.

Bagaimana Vietnam bisa melakukan itu?

Gerak Cepat dan Cabut Visa China

Pemerintah Vietnam langsung bergerak cepat dengan mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada 1 Februari 2020. Pemerintah juga langsung menghentikan penerbangan menuju dan dari China.

Semua izin yang diberikan untuk penerbangan antara Vietnam dan China, termasuk Taiwan, Hong Kong, dan Makau, telah dicabut hingga ada pemberitahuan berikutnya, kata pemerintah dalam satu pernyataan.

 

Baca Juga : Vietnam Bisa Sembuhkan Semua Pasien Corona, Begini Caranya

 

Maskapai dengan tarif murah, Vietjet Air, dan perusahaan nasional, Vietnam Airlines, mengatakan mereka menunda semua penerbangan dari dan ke China mulai 1 Februari.

Isolasi Desa

Seperti dilansir AFP, Kamis (13/2/2020), otoritas Vietnam mengkarantina sejumlah desa yang ditinggali 10 ribu orang terkait wabah virus Corona.

Salah satunya penutupan komune Son Loi yang berjarak 40 kilometer dari Hanoi. Tempat ini merupakan karantina massal pertama yang dilakukan di luar wilayah China daratan terkait wabah virus Corona. Otoritas China diketahui mengkarantina belasan kota di Provinsi Hubei yang menjadi pusat wabah ini.

“Hingga 13 Februari 2020, kita akan segera memberlakukan isolasi dan karantina terhadap area wabah di komune Son Loi,” demikian pernyataan Kementerian Kesehatan Vietnam.

“Jangka waktunya adalah 20 hari,” imbuh pernyataan tersebut.

Komune Son Loi merupakan kawasan petani yang terdiri dari beberapa desa. Kementerian Kesehatan Vietnam sebelumnya mengonfirmasi lima orang di Son Loi dinyatakan positif virus corona dan pada Kamis (13/2) waktu setempat, kasus keenam terkonfirmasi.

Laporan sejumlah reporter AFP di Binh Xuyen, sebuah distrik di pinggiran Son Loi, menyebut bahwa pos-pos pemeriksaan telah didirikan di sekitar Son Loi pada Kamis (13/2) waktu setempat. Para petugas otoritas kesehatan setempat yang memakai pakaian pelindung tampak menyemprotkan disinfektan pada kendaraan-kendaraan yang melintasi pos pemeriksaan.

 

Sumber : Detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed