oleh

Polri Ungkap Sindikat Tabung Gas Subsidi Curang di Banten

Satukliknews.com – Direktorat Tindak Pidana Tertentu Badan Reserse Kriminal Polri atau Bareskrim mengungkap penyimpangan tabung gas subsidi pemerintah tanpa kelengkapan izin usaha.

Kelima orang pelaku yang ditangkap diduga menjual kembali gas yang sudah dikurangi volume tabung kepada masyarakat.

“Ini harus kami lakukan penindakan tegas karena ini merugikan negara dan masyarakat,” ucap Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Syahardiantono dalam keterangan tertulis pada Jumat, 7 Agustus 2020.

Dalam pengungkapan, penyidik menggerebek dua lokasi yakni di Kavling DPR A Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh, Tangerang, Banten dan Kavling DPR Blok C Gang Ambon RT 02 RW 06 Kelurahan Neroktog, Kecamatan Pinang, Tangerang, Banten.

Dari hasil penggerebekan, penyidik menyita 563 tabung gas ukuran 3 kg, 175 tabung gas ukuran 12 kg, dan 22 tabung gas ukuran 50 kg. Selain itu, polisi juga menyita tiga truk dan dua unit mobil pickup, yang digunakan sebagai sarana transportasi angkutan, dan beberapa tabung gas dalam kondisi kosong.

“Kami pastikan mengawal penuh subsidi gas dari pemerintah agar tepat sasaran dan secara utuh diterima masyarakat,” ucap Syahar.

Atas perbuatannya, para pelaku bakal dijerat dengan Pasal 53 huruf b, c, d Undang-Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi, Pasal 8 ayat (1) Huruf A, dan pasal 62 ayat (1) UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

sumber: tempo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed