oleh

CFD Ditiadakan, Warga DKI Tetap Ramai di Sudirman-Thamrin

Satukliknews.com – Meskipun Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau CFD ditiadakan sementara oleh Pemprov DKI pada Ahad, 16 Agustus 2020, sejumlah masyarakat tetap mendatangi Jalan Sudirman – Thamrin untuk berolahraga pagi ini. Dari pantauan Tempo di lokasi, sejumlah orang melakukan jogging hingga bersepeda di jalan protokol tersebut.

“Ga tahu kalau ditiadakan lagi. Saya kira udah boleh olahraga di sini,” kata Ivan, salah seorang masyarakat yang datang berolahraga di Thamrin saat Tempo temui pagi ini.

Ivan datang bersama istri dan anaknya. Ia mengaku sering berkunjung ke area CFD pada Minggu pagi untuk berolahraga sekaligus berekreasi.

Selain Ivan, ada pula masyarakat lain yang mendatangi kawasan Sudirman – Thamrin dengan bersepeda. “Saya biasa gowes pagi lewat sini, ga cuma pas CFD aja,” ujar Arief.

Ia mengaku tak mengetahui bahwa Pemprov DKI meniadakan sementara CFD pada Minggu pagi ini. Menurut Arief, hal itu yang mungkin mengakibatkan jumlah pesepeda pada Minggu pagi ini lebih sedikit dibanding biasanya.

“Biasanya ada ajakan gowes bareng komunitas di grup, tapi dari tadi malam sepi-sepi aja, gak taunya karena ga ada CFD,” kata dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya memilih menyetop car free day atau CFD yang menyediakan kawasan khusus pesepeda di 32 titik Ibu Kota mulai hari ini, Ahad, 16 Agustus 2020.

Peniadaan kawasan ini dilakukan berbarengan dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB transisi fase I selama 14 hari mulai Jumat, 14 Agustus 2020. Perpanjangan itu merupakan yang keempat kalinya.

Dari pantauan Tempo di lokasi pagi ini, petugas kepolisian dan Satpol PP tetap berjaga di sekitar Sudirman – Thamrin untuk mengatur masyarakat yang berolahraga. Mereka juga melarang masyarakat menggunakan badan jalan untuk beraktivitas.

Sementara untuk pesepeda, Petugas Dinas Perhubungan tetap menyediakan jalur khusus sementara atau pop up bike line di sepanjang Jalan Thamrin – Sudirman. Jalur itu terlihat mulai dibereskan oleh petugas pada pukul 10.30, karena jangka waktu pop up bike line yang sudah selesai.

sumber: tempo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed