oleh

Virgil Van Dijk Cedera, Gelar Juara Liga Inggris Liverpool Terancam

Satukliknews.com – Cedera yang dialami Virgil van Dijk dinilai bisa mengancam langkah Liverpool dalam mempertahankan gelar juara Liga Inggris musim ini. Lini pertahanan skuad asuhan Jurgen Klopp dianggap lemah tanpa bek asal Belanda tersebut.

Mantan bek dan kapten Liverpool, Jammie Carragher, menilai hilangnya Virgil van Dijk merupakan kerugian besar bagi Klopp. Dia pun meragukan Liverpool akan bisa mempertahankan gelar juaranya musim ini jika Jurgen Klopp tak bisa mendatangkan bek tengah baru pada bursa transfer Januari mendatang.

“Pertanyaan besarnya saat ini adalah, bisakah Liverpool memenangkan liga tanpa Van Dijk? saya kira semua tim memiliki tiga atau empat pemain penting yang dapat mereka andalkan dalam memenangkan gelar, dan jika salah satu dari pemain tersebut hilang, tidak peduli seberapa bagus manajer anda, tidak peduli seberapa besar skuad anda, Anda tidak dapat menggantikan mereka karena mereka luar biasa,” kata Carragher seperti dilansir media Sky Sports.

“Saya kira ini akan sangat mengancam peluang mereka, saya berpikir seperti itu.”

Carragher juga menilai lini belakang Liverpool sebenarnya sudah terlihat lemah sejak awal musim ini. Cedera Van Dijk, menurut dia, membuat Jurgen Klopp harus membeli bek tengah baru karena Dejan Lovren telah hengkang pada awal musim ini.

“Saya kira Liverpool harus berbelanja pada Januari, bukan hanya karena cedera Van Dijk, tetapi Liverpool memang telah tampak lemah di area itu. Mereka kehilangan Lovren di awal musim dan sekarang pemain lain di posisi itu mengalami cedera yang sangat rentan,” kata dia.

Mantan kapten Liverpool lainnya, Graeme Souness, sependapat dengan Carragher. Dia bahkan menyebut Van Dijk sebagai pemain paling penting yang tak seharusnya absen sepanjang musim ini.

Dia menilai peran Van Dijk tak tergantikan di skuad Liverpool saat ini. Souness bahkan menilai eks pemain Southampton itu lebih penting ketimbang Sadio Mane atau Mohamed Salah.

“Jika Anda bertanya kepada saya di awal musim, siapa satu-satunya pemain yang tidak ingin anda lewatkan pada sebagian besar musim ini, orang-orang mungkin berkata Sadio Mane atau Mohamed Salah, tetapi bagi saya itu Van Dijk, “kata Souness.

“Liverpool masih memiliki cukup pencetak gol tanpa salah satu dari keduanya. Tapi di belakang Van Dijk adalah katalisator untuk semua yang mereka lakukan. Dari maju ke depan untuk menahan lawan di saat yang tepat, mundur di saat yang tepat. Ini pukulan besar. Ini yang terakhir hal yang dibutuhkan Liverpool.”

Virgil van Dijk mengalami cedera ACL setelah berbenturan dengan penjaga gawang Jordan Pickford pada laga Everton vs Liverpool Sabtu kemarin. Dia disebut harus menjalani operasi dan kemungkinan harus absen cukup lama.

Cedera Van Dijk itu membuat Liverpool mengalami krisis di lini belakang. Sebelumnya Jurgen Klopp telah kehilangan penjaga gawang Alisson Becker yang mengalami cedera bahu saat latihan. Alisson disebut masih harus absen hingga enam pekan ke depan.

Jurgen Klopp dipastikan harus memutar otak karena dalam tiga pekan ke depan mereka harus menjalani laga padat di Liga Inggris dan Liga Champions.

Pada Kamis mendatang mereka harus menyambangi markas Ajax Amsterdam di Liga Champions. Setelah itu The kop harus menjamu Sheffield United pada Ahad 25 Oktober 2020.

Tiga hari berselang mereka akan langsung menghadapi klub asal Denmark, Midtjylland dan kemudian ditantang West Ham United pada 1 November 2020. Mereka juga akan menyambangi markas perempat finalis Liga Champions musim lalu, Atalanta, pada 4 November. Jadwal padat Liverpool akan ditutup dengan laga panas di Liga Inggris kontra Manchester City pada 7 November mendatang.

sumber: tempo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed