POLRES KUNINGAN,- Polsek Pasawahan Polres Kuningan Polda Jabar,Anggota Polsek Pasawahan melaksanakan patroli dialogis sebagai bagian dari upaya mereka dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) serta tindakan kejahatan di wilayah mereka. Patroli ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang lebih baik antara kepolisian dan masyarakat setempat, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan bersama.Pada Kamis 11 Mei 2023.

Dalam pelaksanaannya, petugas Polsek Pasawahan melakukan patroli rutin di berbagai lokasi strategis seperti pasar, taman, dan area umum lainnya yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Mereka berusaha menjalin komunikasi dengan warga setempat, baik pengunjung maupun pedagang, untuk mendengarkan keluhan atau masalah yang ada di lingkungan sekitar. Petugas dengan ramah mengajak warga berbincang mengenai keadaan lingkungan dan mendengarkan segala informasi terkait aktivitas mencurigakan yang mungkin terjadi.

Selama patroli dialogis tersebut, petugas Polsek Pasawahan juga memberikan sosialisasi tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban. Mereka memberikan penekanan pada pencegahan tindakan kejahatan dengan mengedukasi masyarakat mengenai upaya pencegahan tindak pencurian, perampokan, dan tindakan kejahatan lainnya. Petugas juga memberikan informasi mengenai penipuan atau modus operandi yang sering digunakan oleh pelaku kejahatan.

Patroli dialogis yang dilakukan oleh Polsek Pasawahan ini sebagai bagian dari strategi mereka untuk mencegah peningkatan tindakan kriminalitas dan gangguan Kamtibmas di wilayah mereka. Dengan menjalin hubungan yang baik antara polisi dan masyarakat, diharapkan adanya saling pengertian dan kerja sama dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua warga.

Kapolsek Pasawahan, Iptu Agus Budi Wahono, mengungkapkan bahwa patroli dialogis ini merupakan bentuk komitmen kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berpartisipasi dengan memberikan informasi yang berguna kepada pihak kepolisian untuk meminimalisir potensi gangguan Kamtibmas dan tindakan kejahatan lainnya.

Dengan adanya patroli dialogis yang rutin dilakukan oleh Polsek Pasawahan, diharapkan masyarakat merasa lebih aman dan terlindungi. Kehadiran polisi yang proaktif dan mendengarkan keluhan serta masalah yang dihadapi masyarakat diharapkan dapat mengurangi potensi terjadinya tindakan kriminalitas. Semua pihak diharapkan bersama-sama berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah, sehingga tercipta lingkungan yang harmonis dan aman bagi semua warga.

“Melalui kegiatan patroli Antisipasi C3 Dan Jam-Jam Rawan ini kita rutin laksanakan dan merupakan wujud kesiap siagaan seluruh anggota Polres Kuningan dan jajaran untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas sehingga situasi di wilayah hukum Polres Kuningan tetap aman dan kondusif,” ucap Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian S.I.K., S.H melalui Kasi Humas Ipda Endar Kuswanadi.

Polres Kuningan, Kuningan, Kapolres Kuningan, Polda Jabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *